23 Februari, 2009

“Generation Z”

Setelah berselancar di dunia maya dan menemukan sebuah situs buatan yuswohady, saya membaca artikel berjudul The DARK SIDE of Web 2.0 yang mengidentifikasi lahirnya generasi baru yang disebutnya “Generation Z”, yaitu generasi yang lahir setelah tahun 1998. Isinya banyak meninjau sisi gelap dari generasi baru ini. Memang kenyataannya demikian dan sudah banyak bukti yang terjadi di masyarakat. Ga usah jauh-jauh, bahkan teman kos saya ada yang mengalaminya.

Perkembangan teknologi kadang bisa membuat kemajuan bagi seseorang, tapi juga dapat menyebabkan kemunduran bagi orang yang terlena akan hal itu.Pekerjaan apapun terasa mudah dan cepat dikerjakan dengan kemajuan teknologi, akan tetapi hal itu juga bisa membuat seseorang melupakan statusnya sebagai makhluk sosial yang seharusnya berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

Generasi masa depan ditentukan dari saat sekarang juga. Menurut Prof. Bauerlein meringkaskan karekateristik generasi baru ini sebagai berikut:
"They connected and multitasked, autonomous yet peer-mindful, makes NO great leap forward in human intelligence, global thinking, or netizen-ship. Young users have learned a thousand new things, no doubt. They upload and download, surf and chat, post and design, BUT they HAVEN’T learned to analyze a complex text, store facts in their heads, comprehend a foreign policy decision, take lessons from history, or spell correctly."

Selanjutnya terserah dari diri Anda masing-masing menggunakan dan memanfaatkan dari kemajuan teknologi tersebut.

9 komentar:

  1. teknologi itu memang bisa membuat seseorang menjadi autis :D

    saya contohnya, saat sudah bertemu hotspot,, langsung ga peduli sekeliling selain berselancar didunia maya hihihi

    BalasHapus
  2. ada satu kesalahan besar yg saya lakukan, yaitu menyuruh orang itu beli komputer, berlangganan internet dan membeli modem. kalo boleh saya berharp, moga2 modemnya rusak... :-(

    BalasHapus
  3. asalkan kita punya manajemen waktu yg baik, insyaAlloh ga akan menimbulkan generation Z..
    emang susah yg namanya udah kecanduan, contohnya bnyk, kecanduan rokok,minum,dugem,selingkuh,korupsi,dan yg lainnya yg membuat kita terlena karena keenakan.
    begitu juga dengan teknologi yg namanya internet.
    mungkin solusinya mengatur manajemen waktu dgn baik,dan mengisi kesibukan lainnya jgn sampai melupakan kesehatan diri kita sendiri dan lingkungan sosial kita

    BalasHapus