15 Januari, 2009

Kepribadian Unik Manusia

Kita manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan mempunyai karakter unik yang antara satu dengan lainnya pasti berbeda. Kita harus mengetahui siapa diri kita dan karakter dari masing-masing pribadi. Sebelum kita mengenal dan memahami keunikan yang kita miliki maka kita tidak bisa memahami orang lain. Apabila kita mampu memahami jiwa dan kepribadian yang kita miliki maka akan terjalin keselarasan dalam hubungan yang terkait dengan orang lain.

Ada empat tipe kepribadian dasar yang dimiliki manusia, yaitu:
1. Seorang Sanguinis yang spontan, lincah, dan periang
2. Seorang Melankolis yang penuh pikiran, setia, dan tekun
3. Seorang Koleris yang suka petualangan, persuasif, dan percaya diri
4. Seorang Phlegmatis yang ramah, sabar, dan puas.
Ataupun bisa juga perpaduan dari empat sifat-sifat dasar tersebut.

Empat sifat dasar manusia di atas masing-masing memiliki karakter unik yang secara alamiah telah ada dalam diri kita. Apabila kita mampu memahami kekuatan dan kelemahan sifat yang ada dalam diri kita sendiri maupun orang lain maka hidup ini akan terasa lebih menyenangkan dan kita bisa saling memahami satu sama lain.

Kita akan bersenang-senang dengan orang Sanguinis yang populer, yang mengeluarkan antusiasme. Kita akan serius dengan orang Melankolis yang sempurna, yang berusaha mengejar kesempurnaan dalam segala hal. Kita akan maju ke depan bersama orang Koleris yang kuat, yang dilahirkan dengan bakat pemimpin. Dan kita akan rileks dengan orang Phlegmatis yang damai, yang dengan bahagia menerima kehidupan. Tidak peduli siapa diri kita, kita punya sesuatu untuk dipelajari dari setiap jenis ini.

9 komentar:

  1. yup artikel bagus :-0 thanks udah berkunjung ke fadlie.web.id

    BalasHapus
  2. Saya phlegmatis sepertinya :)


    Trims juga dah mampir ke blog saya... :)

    BalasHapus
  3. aku mau dung punya ke-4 tipe kepribadian itu tapi apakah mungkin??? manusia kan diciptakan mempunyai kekurangan dan kelebihan.

    BalasHapus
  4. saya termasuk yang mana yah ? bingung..

    BalasHapus
  5. Harini saya terlalu bersemangat mengisi hari dengan spontan, lincah, dan periang
    , esoknya mungkin menarik menjadi seseorang yang penuh pikiran, setia, dan tekun, lusa saya isi hari-hari dengan petualangan, persuasif, dan percaya, setelah lelah dan ingin istirahat dari semua hiruk pikuk kehidupan ini saya mencoba dan terus mencoba menjadi sosok yang ramah, sabar, dan puas.

    BalasHapus
  6. makasih udah berkunjung ke blogku...
    akhirnya ada juga yang baca...
    heheh... jadi malu...
    hmm... dulu aku pernah tes itu, katanya aku koleris trus ada dikit melankolisnya... hmmm... ga tau juga sih bener pa ga... heheh... kayanya sih agak bener...
    heheh

    BalasHapus
  7. berarti aku Sanguinis dan Koleris ya..hmmm, jadi tahu ni..sip lah, terus mau kemana lagi ni kita?

    BalasHapus
  8. Sepertinya gw gak punya satupun yang di atas, Kepribadian gw gak kelacak, menurut Psikolog sih gw gak punya kepribadian alias Plin plan, ha ha ha.

    Salam kenal.

    BalasHapus